My Creature

My Creature
little pink cloud

Rabu, 23 Maret 2011

Core Value and Good Attribute (Must be Change)


Sebenarnya saya bingung dengan apa yang akan saya sampaikan,  butuh beberapa puluh menit untuk berpikir apa yang hendak saya tuangkan kepada anda. Secangkir kopi-kah, teh, syrup, setrup, atau hanya air putih yang rasanya hambar tapi kaya manfaat? Sebentar…….. tunggu beberapa saat.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………!................................!?...........................?.......................................................................!!!!!


Ok ini dia, sebenarnya hal ini telah lama saya rasakan pada diri saya. Sesuatu yang buruk dalam perilaku. Semboyang yang dulu saya pegang (“hari esok harus lebih baik dari hari ini”) terjatuh entah kemana. Sudah tidak kredibel untuk saya pegang, mengingat bagaimana saya sekarang. Mungkin anda yang belum mengenal saya secara dekat menganggap hal ini biasa saja. Dan untuk anda yang sudah mengenal saya dalam waktu cukup  lama saya mohon mengertilah atau setidaknya berpura-pura mengerti.
Apa yang telah saya alami merupakan degradasi moral, tidak bisa menjadi lebih baik malah lebih buruk lagi. Dan dengan melihat cermin saya itu sekelebat muncul keinginan untuk merubah semua itu. Jika berbicara perubahan akan saya garis bawahi dulu apa yang seharusnya di garis bawahi. Mari berbicara tentang core value dan good attribute. Setidaknya inilah yang menjadi acuan utama perubahan yang ingin saya tempuh.
Core value, desainer sangat memerlukan dua kata berbahasa inggris itu untuk menunjukkan eksistensi diri dan atas skill-nya dalam mendesain. Bertolak ukur pada pengetahuan dasar yang dimiliki desainer serta tak lupa juga good taste dalam sebuah karya desain.  Yah… mungkin itulah sedikit tentang core value.
Sekarang yang kedua good attribute. Banyak orang yang menginterpretasikan hal ini kedalam sarana penunjang atau gadget apa yang harus dimiliki. Naïf,,, memang. Tapi yang perlu dicatat adalah sebenarnya bukan itu!  Ini menyangkut sikap professional sebagai seorang desainer. Komitmen, inegritas, dan tepat janji inilah yang juga perlu menjadi pegangan untuk memenuhi kebutuhan klien yang sedang kita hadapi. Managemen diri, setidaknya hal ini lah inti dari good attribute. Perlu diperhatikan, disini nilai jual berpengaruh. Menjadi berharga atau tidak disinilah sebuah karya yang kita buat ditentukan oleh nasib klien.
Yah saya ingin merubah diri! Meskipun sekedar cita-cita. Dan anda boleh saja menyebut saya munafik, sekedar untuk memotivasi diri.

*(tulisan ini sudah pernah di post pada facebook penulis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar